mengembangkan-bisnis-UKM-menurut-Harry-Tanoesudibjo
Image dari Tempo.co

Sebagai salah satu unit usaha dengan jumlah terbesar di Indonesia, usaha kecil menengah atau UKM tentunya memegang peranan penting dalam roda perekonomian nasional. Majunya basis UKM di suatu negara, bisa menjadi tanda bahwa negara tersebut memiliki tingkat ketahanan perekonomian yang baik. Sebaliknya juga, apabila ranah UKM suatu negara lesu, bisa jadi dapat mempengaruhi rantai perekonomian yang lain.

Di Indonesia sendiri, para pengusaha UKM telah cukup berkembang dalam berbagai sektor. Mulai dari yang ber gerak di bidang kuliner, produk kerajinan bisnis jasa mulai menunjukkan perkembangan yang positif. Hal tersebut tentunya tidak terlepas dari peran pemerintah yang selalu mendukung para pelaku UKM. Dukungan tersebut diwujudkan dalam beberapa bentuk seperti dukungan permodalan, kemudahan regulasi hingga bantuan terkait dengan upaya ekspor impor bagi UKM yang telah memiliki jaringan bisnis internasional.

Perkembangan Bisnis UKM

Salah satu pengusaha sukses di Indonesia yang memiliki pandangan besar terhadap perkembangan#bisnis UKM adalah CEO dari MNC Group Hary Tanoesoedibjo. Pengusaha yang telah mempunyai unit bisnis menggurita tersebut menyatakan bahwa salah satu “obat” untuk mengentaskan kemiskinan yang ada di Indonesia adalah lebih mengembangkan sektor UKM.

Perkuatan sektor usaha kecil menengah tersebut tentunya dijalankan oleh banyak pihak, mulai dari pemerintah, swasta serta tentunya masyarakat sebagai pelaku. Adanya pancingan berupa kemudahan permodalan, juga menjadi faktor penting agar masyarakat lebih terpacu untuk menjadi pengusaha UKM. Selain itu perlu diadakannya banyak pelatihan keterampilan di berbagai sektor sehingga lebih membuka inovasi masyarakat untuk mengembangkan usaha mandiri.

Tips Mengembangkan UKM Ala Hary Tanoe

Dalam sebuah kesempatan CEO MNC Group, Harry Tanoesudibyo telah membocorkan beberapa tips bagi masyarakat yang ingin mengembangkan bisnis UKM.

Sebagai salah satu unit bisnis dengan jumlah terbesar di Indonesia, usaha kecil dan menengah atau UKM tentu memainkan peran penting dalam perekonomian nasional. Dasar muka UKM di negara ini, bisa menjadi tanda bahwa negara itu memiliki tingkat baik ketahanan ekonomi.Sebaliknya juga, jika UKM bola negara lesu, mungkin dapat mempengaruhi rantai ekonomi.

Di Indonesia, UKM telah cukup berkembang di berbagai sektor. Mulai dari bergerak di bidang kuliner, layanan produk kerajinan usaha mulai menunjukkan perkembangan positif. Hal ini tentu tidak lepas dari peran pemerintah selalu mendukung UKM. Dukungan tersebut diwujudkan dalam beberapa bentuk seperti dukungan modal, peraturan kemudahan untuk membantu dengan upaya untuk ekspor dan impor untuk UKM yang memiliki jaringan bisnis internasional.

Pengembangan bisnis UKM

Salah satu pengusaha sukses di Indonesia yang memiliki pandangan untuk pengembangan#bisnis UKM adalah CEO MNC Group Hary Tanoesoedibjo. Pengusaha yang telah memiliki unit usaha menggurita menyatakan bahwa salah satu “obat” untuk mengentaskan kemiskinan di Indonesia lebih mengembangkan sektor UKM.

Penguatan sektor usaha kecil dan menengah ini tentu saja dijalankan oleh banyak pihak, dari pemerintah, sektor swasta dan masyarakat sebagai kursus utama. kemudahan dari bujukan dalam bentuk modal, juga merupakan faktor penting bahwa orang lebih termotivasi untuk menjadi UKM. Juga perlu memegang banyak pelatihan keterampilan di berbagai sektor sehingga masyarakat inovasi lebih terbuka untuk mengembangkan usaha mandiri.

Tips to Develop SMEs Ala Hary Tanoe

Dalam kesempatan tersebut CEO MNC Group, Harry Tanoesudibyo telah membocorkan beberapa tips untuk orang yang ingin mengembangkan bisnis UKM.

Hal pertama yang penting ketika akan mengembangkan bisnis UKM terkait dengan capital.Capital untuk membangun bisnis UKM sekarang cukup mudah untuk mengakses. Mulai dari kredit yang diberikan oleh bank untuk lembaga swasta yang fokus dalam pengembangan UKM nasional. Dengan kemudahan tentu saja, tidak akan ada alasan bagi seseorang untuk menunda untuk bisnis karena kurangnya modal.

Hal yang tidak kalah penting adalah terkait dengan pelatihan. Sebagaimana dicatat sebelumnya, pelatihan yang dilakukan oleh lembaga negara tentu bisa menjadi pintu gerbang bagi pengusaha yang ingin pergi untuk mengembangkan SMEs.Regarding informasi pelatihan umumnya diakses melalui situs kementerian industri, atau melalui portal online lainnya.

Dan hal terakhir yang menurut Hary Tanoesoedibjo penting dalam pengembangan UKM adalah perlindungan dari pemerintah. Yang satu ini, mungkin lebih ke hukum yang dibuat oleh pemerintah untuk mendirikan usaha kecil dan menengah. Selain perpajakan unit usaha UKM juga harus disesuaikan sehingga bahkan tidak membuat pelaku takut untuk melakukan bisnis.

Hal pertama yang penting ketika akan mengembangkan sebuah bisnis UKM adalah terkait dengan permodalan. Modal untuk membangun sebuah bisnis UKM saat ini sudah cukup mudah untuk diakses. Mulai dari pinjaman yang diberikan oleh bank, hingga lembaga-lembaga swasta yang memang memiliki fokus dalam hal perkembangan UKM nasional. Dengan adanya kemudahan tersebut tentunya tidak akan ada lagi alasan seseorang menunda untuk berbisnis karena tidak adanya modal.

Hal yang tidak kalah penting adalah terkait dengan pelatihan. Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, pelatihan yang dilakukan oleh lembaga negara tentunya bisa menjadi gerbang bagi para pengusaha pemula yang ingin terjun mengembangkan UKM. Mengenai informasi tentang pelatihan tersebut umumnya bisa diakses melalui situs kementerian perindustrian, atau lewat portal online lainnya.

Dan hal terakhir yang menurut Hary Tanoesoedibjo penting dalam perkembangan UKM adalah proteksi dari pemerintah. Mengenai hal yang satu ini, mungkin lebih kepada peraturan perundangan yang dibuat pemerintah untuk mengatur usaha kecil menengah. Selain itu penerapan pajak terhadap unit usaha UKM juga semestinya lebih disesuaikan agar tidak malah membuat para pelakunya takut untuk menjalankan usaha.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here